Siapa Pakar Seo Indonesia Media Batam



Siapa Pakar Seo Indonesia


www.tribunbatam.my.id Pakar SEO Indonesia adalah seorang yang mampu mengoptimasi sebuah kata kunci dengan teknik SEO yang dimilikinya.

Selain untuk mengoptimasi kata kunci bisnis, SEO juga dapat digunakan untuk mengoptimasi kata kunci branding dari sang Pakar SEO tersebut.

Ada banyak sekali para Pakar SEO asal Indonesia yang sangat dikenal di dunia maya, baik mereka yang sudah lama sekali berkecimpung di dunia SEO hingga bisnisnya besar dari SEO, ataupun mereka yang baru saja belajar dan akhirnya berhasil menerapkan SEO untuk bisnis maupun branding dirinya.


Pembicara Internet Marketing dan Konsultan Pakar SEO Pakar SEO Indonesia Pakar SEO atau Ahli SEO adalah orang yang memiliki keahlian dalam bidang SEO (Search Engine Optimization) pada level di atas rata-rata.

Artinya, Pakar SEO mempunyai kemampuan yang tinggi untuk bisa membuat suatu website atau media online lainnya bisa berada di halaman 1 halaman pencarian Search Engine, terutama pada persaingan yang ketat.

Kata kunci (keyword) pakar seo dan ahli seo banyak dikejar oleh para praktisi Search Engine Optimization di Indonesia dan Malaysia.

Silahkan coba cari menggunakan Google.com, akan didapatkan 732.000 hasil pencarian dengan menambahkan tanda dobel petik (“pakar seo”). Sedangkan jika tanpa tanda petik dobel, akan didapatkan 1.670.000 pencarian.

Sedangkan untuk keyword “ahli seo” ada sekitar 61.700 eksak keyword. pakar-seo Siapa Pakar Seo Jakarta ? Tentu saja pertanyaan ini sulit untuk dijawab. Sebab penilaian tentang status kepakaran seo itu sangat subjektif.

Belum ada lembaga resmi yang memberikan gelar pakar seo secara formal.

Pakar SEO mempunyai kemampuan yang tinggi untuk bisa membuat suatu website atau media online lainnya bisa berada di halaman 1 halaman pencarian Search Engine, terutama pada persaingan yang ketat. Sehingga belum dapat ditentukan siapa saja penyandang gelar Pakar SEO.

Biasanya seseorang yang mengejar kata kunci Pakar SEO ini, berprofesi sebagai Konsultan SEO atau Jasa SEO. Dia mengoptimasi keyword ini bertujuan Branding atau menunjukkan bahwa dirinya mampu masuk halaman 1 Google pada keyword yang persaingganya lumayan berat. Anda bisa mengikuti Pelatihan SEO di Jakarta, Surabaya, Bandung, Tangerang dan kota-kota lain untuk belajar membuat Website Anda masuk halaman 1 Google, sehingga penjualan bisnis online Anda bisa dilipatgandakan.

Informasi selengkapnya dan jadwal pelatihan SEO dan Internet marketing silahkan klik >> http://internetmarketingcenter.web.id Jika website Anda tidak muncul di halaman pertama hasil pencarian di Google, Bing atau Yahoo, pelanggan potensial Anda mungkin tidak tahu bahwa Anda ada.

visibilitas mesin pencari yang lebih baik dapat menjadi penting untuk meningkatkan kunjungan ke website Anda, yang dapat menyebabkan peningkatan kesadaran merek dan penjualan yang lebih tinggi dan keuntungan.

Tapi bagaimana jika Anda tidak memiliki waktu dan keahlian teknis untuk meningkatkan peringkat mesin pencari situs Anda? Mungkin masuk akal untuk menyewa berpengalaman, optimasi mesin pencari yang handal (SEO) konsultan. Berikut adalah 

10 pertanyaan penting untuk bertanya ketika mempertimbangkan calon Pakar SEO:

1. Bolehkah saya memiliki daftar klien sekarang dan masa lalu? Seorang pakar SEO terkemuka harus terbuka untuk berbagi daftar singkat dari klien saat ini dan mantan dan atau informasi kontak, kata Vanessa Fox, penulis Pemasaran di Era Google (Wiley, 2012) dan pendiri Nine Oleh Biru, Seattle berbasis penyedia perangkat lunak SEO. Referensi ini dapat membantu Anda mengukur seberapa efektif kandidat adalah, serta memverifikasi bahwa orang tersebut memang bekerja pada kampanye SEO tertentu.

Klien mungkin tidak memberikan analisis spesifik, Fox mengatakan, tetapi mereka harus bisa setidaknya memberitahu Anda jika mereka melihat dampak positif pada peringkat pencarian mereka, terutama dalam konversi dan dalam mendapatkan penonton, sebagai akibat langsung dari upaya konsultan.

2. Bagaimana Anda akan meningkatkan peringkat mesin pencari saya? Menjauhi pakar SEO yang tidak akan bebas membahas metode mereka dalam detail, memperingatkan Rand Fishkin, pendiri Moz, sebuah perusahaan perangkat lunak internet marketing berbasis di Seattle dan co-penulis The Art of SEO (O'Reilly, 2012).

Mereka harus menjelaskan strategi mereka akan gunakan untuk menaikkan peringkat mesin pencari situs Web Anda, serta perkiraan berapa lama realistis bisa mengambil untuk mencapai tujuan kampanye SEO Anda setuju atas. Pastikan usulan kandidat termasuk kajian teknis awal dari situs Anda untuk menyingkirkan masalah yang bisa menurunkan peringkat mesin pencari Anda, termasuk link yang rusak dan halaman kesalahan.

Konsultan juga harus memberikan "pada halaman" optimasi, proses untuk membuat website Anda sebagai mesin pencari ramah mungkin. Ini melibatkan meningkatkan URL dan internal menghubungkan struktur situs web Anda, bersama dengan mengembangkan halaman web judul, judul dan tag. Juga, meminta konsultan jika mereka memberikan "halaman off" strategi SEO untuk meningkatkan kesadaran konten Anda di situs web lain, sering melalui blog, platform media sosial dan siaran pers.

3. Apakah Anda mematuhi mencari pedoman webmaster mesin '?.

Anda ingin seorang konsultan yang ketat mematuhi diposting publik webmaster praktik terbaik Google, yang secara khusus melarang 12 trik SEO umum, termasuk otomatis menghasilkan konten spam dan menambahkan teks tersembunyi palsu dan link. Jika seorang calon tidak mengikuti pedoman tersebut, website Anda bisa diturunkan ke peringkat hasil pencarian muram rendah. Atau, lebih buruk lagi, Google bisa melarang dari hasil pencarian sama sekali. Bing dan Yahoo juga posting webmaster praktik terbaik yang konsultan harus mengkonfirmasikan mereka ikuti.

4. Dapatkah Anda menjamin website saya akan mencapai peringkat di Google, Bing dan Yahoo nomor satu? Jika calon menjawab ya, Fox memperingatkan, "Belok dan berjalan dalam arah lain secepat yang Anda bisa." Meskipun tidak mungkin untuk menjamin peringkat di mesin pencari nomor satu, katanya, beberapa konsultan SEO tidak etis jangan membuat jaminan palsu tersebut.

Menganggap bendera merah jika kandidat mengklaim memiliki hubungan insider dengan Google atau mesin pencari lain yang akan membuat Anda hasil pencarian peringkat prioritas.

Hanya Google, Bing dan Yahoo dapat mengontrol bagaimana situs tinggi atau rendah muncul dalam hasil pencarian mereka.

5. Apakah Anda mengalami meningkatkan hasil pencarian lokal? Muncul dalam hasil mesin pencari lokal atas sangat penting untuk bisnis bata-dan-mortir kecil yang mencoba untuk menarik pelanggan terdekat, Rand kata.

Anda akan ingin seorang konsultan yang memiliki keahlian dalam teknik SEO lokal. Jika website Anda dioptimalkan untuk apa yang dikenal sebagai "SEO lokal," itu akan muncul ketika seseorang di dekatnya sedang mencari kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda.

Untuk mencapai itu, konsultan harus menambahkan kota bisnis Anda dan negara untuk tag judul website Anda dan meta deskripsi, dan mendapatkan situs Anda terdaftar di Bing, Google dan Yahoo daftar lokal, yang direktori online usaha yang melayani wilayah geografis tertentu.

6. Apakah Anda berbagi dengan saya semua perubahan yang Anda buat untuk situs saya? optimasi mesin pencari kemungkinan besar akan membutuhkan sejumlah perubahan untuk coding halaman web yang ada. Sangat penting untuk tahu persis apa penyesuaian konsultan berencana untuk membuat dan berapa banyak halaman web.

Jika Anda ingin kandidat untuk mendapatkan izin Anda sebelum mengakses dan mengubah kode website Anda, pastikan untuk mengatakan begitu. Misalnya, akan konsultan menambahkan tag judul baru untuk kode HTML yang ada atau memodifikasi yang sudah ada? Apakah mereka akan menyediakan konten copywriting tambahan menyoroti produk dan jasa Anda untuk daging sapi sampai jumlah yang terlihat, kata kunci pada halaman yang relevan dengan pelanggan potensial Anda? Dan apakah mereka berencana untuk mendesain ulang semua atau beberapa navigasi website Anda atau menambahkan halaman baru ke situs Anda?.

7. Bagaimana Anda mengukur keberhasilan kampanye SEO Anda? Untuk mengukur keberhasilan upaya SEO, Anda harus melacak persis berapa banyak lalu lintas yang dikirim ke situs web Anda dan di mana ia berasal.

Konsultan harus berpengalaman dalam menggunakan Google Analytics untuk melacak perbaikan dalam peringkat mesin pencari situs Anda, jumlah link dari situs-situs lain mengarahkan lalu lintas ke Anda, jenis kata kunci pencari gunakan untuk menemukan situs Anda, dan banyak lagi. Pastikan untuk meminta seberapa sering mereka berencana untuk berbagi ini analytics penting dengan Anda dan bagaimana mereka akan menggunakan data tersebut untuk terus meningkatkan peringkat mesin pencari Anda dan lalu lintas situs Web.

8. Bagaimana kita akan berkomunikasi dan seberapa sering? SEO konsultan gaya komunikasi dan standar layanan pelanggan bervariasi. Anda harus mencari seseorang yang pendekatan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tanyakan apakah calon lebih memilih untuk berbicara secara langsung atau melalui telepon, Skype, SMS atau email.

Dan mencari tahu seberapa sering ia akan menghubungi Anda dengan update status.

9. Apa biaya dan syarat pembayaran? Anda perlu tahu berapa banyak Anda akan dikenakan biaya, tentu saja, dan juga apakah konsultan yang dibayar per jam, dengan punggawa atau proyek

pembayaran berbasis proyek adalah yang paling umum dalam industri konsultasi SEO, dan mereka dapat bervariasi, tergantung pada ukuran dan kompleksitas proyek. Sebagian besar proyek-proyek kontrak berkisar antara $ 1.000 dan $ 7.500, menurut survei 2011 harga Moz untuk lebih dari 600 perusahaan SEO. Studi ini juga menemukan bahwa para pengikut yang paling umum berkisar antara $ 251 sampai $ 500 per bulan di ujung bawah dan $ 2.501 sampai $ 5.000 sebulan pada akhir yang lebih tinggi, sedangkan tarif per jam yang paling umum berkisar dari $ 76 sampai $ 200. Fox mengatakan konsultan yang khusus melayani usaha kecil sering biaya kurang per bulan dan jam.

pertanyaan terkait pembayaran penting lainnya: Seberapa sering pembayaran faktur karena - setiap 30, 60 atau 90 hari? Apakah ada biaya bunga untuk pembayaran terlambat?.

10. Apa yang terjadi ketika kita berpisah? Ketika kontrak berakhir atau jika Anda menghentikannya lebih awal, Anda harus tetap mempertahankan kepemilikan semua konten web dioptimalkan Anda membayar konsultan untuk memberikan, Fox mengatakan.

Dengan demikian, Anda akan ingin memastikan kontrak menyatakan bahwa ketika Anda berpisah, konsultan tidak akan mengubah atau menghapus konten mereka menambahkan, dimodifikasi atau dioptimalkan atas nama Anda.

Anda juga harus meminta konsultan apakah mereka mengenakan biaya apapun untuk pemutusan kontrak awal, dan jika demikian, untuk menentukan mereka dalam kontrak.

Ketika saya bertanya apa yang saya lakukan untuk hidup, saya debat di kepala saya bagaimana menjawab pertanyaan itu. Harus saya katakan 'SEO' dan menunggu untuk melihat bingung? Mungkin aku harus berbagi jawaban istri saya:

"Dia mengatur Internet untuk mendapatkan peringkat tinggi di Google."

Harus jawaban saya singkat atau saya harus menghabiskan waktu mendidik mereka tentang kedahsyatan SEO? Banyak profesional mungkin merasa sulit untuk menjelaskan kepada seseorang di bidang yang berbeda apa yang mereka lakukan. Istri saya, seorang perawat, pulang dan mencoba untuk berbagi cerita dan tantangan dari hari nya.

Aku merasa seperti dia berbicara bahasa asing. Dalam industri SEO, komunikasi dan kejelasan yang penting. Mudah-mudahan, saya jelas bisa menjawab pertanyaan,

"apa yang merupakan Spesialis SEO?"

Search Engine Optimization (SEO) membantu orang menemukan apa yang mereka cari ketika menggunakan mesin pencari seperti Google dan Bing.

Kata kunci adalah kata yang signifikan atau frasa yang digunakan saat melakukan pencarian, yang mengarahkan Anda ke hasil pencarian.

Hasil pencarian muncul dalam urutan tertentu karena suatu alasan. Kata kunci yang kompetitif dan SEO digunakan untuk membantu situs peringkat tinggi pada daftar hasil.

Apa itu Master SEO?

Apa itu Master SEO? Master SEO sama hal layaknya dengan Pakar SEO yang memiliki kemampuan dalam hal mengoptimasi sebuah kata kunci yang tujuannya untuk dapat posisi terbaik di halaman pertama Google.

Apa saja jenis jenis SEO?

Apa saja jenis jenis SEO? Berdasarkan teorinya, SEO terbagi atas 2 yaitu SEO Onpages dan SEO Offpages. SEO Onpages berkaitan dengan hal – hal dari dalam seperti kecepatan website, UI UX sebuah website, konten, dan beberapa hal pendukung lainnya. Sedangkan untuk SEO Offpages adalah hal – hal yang berkaitan dengan referensi dan backlink.

Mengapa anda perlu belajar SEO atau menggunakan SEO?

Mengapa perlu belajar SEO? Bagi kalian seorang pembelajar ataupun yang senang dengan ilmu ilmu baru. SEO adalah cabang ilmu yang bisa kalian pelajari dan terapkan untuk bisnis kalian. Dengan begitu, kalian dapat menerapkan ilmu SEO sendiri dan akhirnya dapat memotong budget optimasi daripada harus membayar layanan orang penyedia Jasa SEO.

Mengapa SEO Perlu & Penting Untuk Bisnis?

Mengapa SEO penting? Untuk perkembangan bisnis di dunia digital saat ini. SEO merupakan salah satu channel marketing yang bisa kita gunakan untuk mempromosikan bisnis kita. Dengan teknik SEO, kita dapat membuat website bisnis kita semakin eksis dan dikenal orang para calon konsumen.

Bagaimana cara menerapkan SEO?

Bagaimana cara menerapkan SEO? Cara menerapkannya pun sangat mudah ketika kamu sudah memiliki ilmunya. Namun, ketika kamu belum memiliki ilmunya sama sekali maka langkah pertama yang harus kamu lakukan ada belajar bagaimana menjadi seorang praktisi SEO.

Dengan begitu, kamu akan dengan gampang menerapkan SEO terdapat website – website bisnis yang sedang kamu optimasi. Nah, bagaimana apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang Pakar & Master SEO?

Apa hal yang bisa menunjang keberhasilan SEO?


Hal yang dapat menunjang keberhasil SEO adalah seberapa serius kamu sebagai seorang praktisi dalam menerapkan point – point SEO keadalam sebuah website yang kamu optimasi.

Adapun cara mengukur apakah SEO yang dijalankan efektif atau tidak adalah dengan cara :

  • Pantau peningkatan traffic,
  • Adanya kenaikan pelanggan dan penjualan,
  • Peringkat sebuah kata kunci target yang naik posisinya,
  • Jumlah foloower sosial media.

Hal hal apa sajakah yang tidak boleh dilakukan dalam SEO?

Hal apa sajakah yang tidak boleh dilakukan dalam SEO? Ini masih banyak sekali perdebatan mengenai hal – hal yan tidak boleh dilakukan. Tetapi, kami ingin menarik kesimpulan secara garis besar saja. Adapun yang tidak boleh kamu lakukan adalah Blackhat SEO.

Selain itu, ada hal lian yang penting kamu hindari adalah :

  • Membuat website yang memiliki loading lambat,
  • Memasukkan banyak kata kunci dalam satu tempat (keyword stuffing),
  • Website tidak Mobile Friendly,
  • Kontak tidak unik dan menarik, dan
  • Tidak menerapkan hal – hal teknis dalam SEO.



Apa arti SEO ?

Nah sebelum kita bahas  nama nama pakar SEO Indonesia sebaik kita mengetahui dulu apa itu SEO, adalah singkatan dari "search engine optimization" (pengoptimalan mesin telusur) atau "search engine optimizer".

Penggunaan jasa pakar SEO adalah keputusan besar yang dapat meningkatkan peringkat situs Anda dan menghemat waktu, tetapi juga berisiko tinggi terhadap situs dan reputasi Anda.

Bagaimana kerja Seo ?

Seperti yang kita tahu SEO (Search Engine Optimization) adalah usaha mengoptimasi situs website pada mesin pencari agar mendapatkan peringkat pertama di hasil pencarian.

Pada mesin pencarian juga menggunakan algoritma tertentu untuk mengurutkan website berdasarkan dari peringkat.

Optimisasi mesin pencari atau Search Engine Optimization, biasa disingkat "SEO" adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Mekanisme mesin pencari yang dimaksud adalah crawling, indexing, dan ranking.

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan.

Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat.

Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru.

Sejarah  Tentang SEO

Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. 

Pada masa itu algoritme mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi. Versi awal algoritme pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka.

Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).

Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut.

Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memeringkat halaman web.

Algoritme tersebut, yang dinamakan PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas masing-masing link tersebut.

Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain.

Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi.

Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti Yahoo! atau DMOZ dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus situs web berkualitas rendah. Backrub hanyalah sebuah permulaan.

Pada tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub.

Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan.

PageRank lantas menjadi standar baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs webnya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.

Setelah kita membahas tentang SEO kita lanjut ke topik artikel kita yaitu mengetahui daftar nama pakar SEO Indonesia berikut daftar nama pakar SEO Indonesia :
 

Ibrahim Vatih

Ibrahim Vatih atau yang dikenal dengan Mas Vatih merupakan seorang Master & Ahli SEO yang tidak perlu diragunak lagi kepiawaiannya dalam hal SEO. Beliau membuat kelas untuk mentoring SEO baik untuk blog ataupun bisni di https://vatih.com/premium. Beliau juga memiliki pesantren internet marketing yang diberi nama Pesantren Sintesa.

AnnahalAnnahal

Pakar SEO Annahal adalah seorang Pakar SEO dari Medan yang kini lebih fokus mengembangkan bisnisnya di bidang Barbershop. Sebelumya beliau adalah seorang Master SEO yang kerap kali menang di kontes – kontes SEO bergengsi di Indonesia. Sudah banyak sekali kemenganan yang beliau raih, yang akhirnya dapat menyematkan prediket Pakar SEO kepada dirinya.

Beliau juga masih membuka layan dan jasa SEO melalui website https://www.masterseo.id. Nah, bagi kamu yang ingin menggunakan layanannya bisa langsun kontak.

Latief Pakpahan

Om Latief Pakpahan yang merupakan seorang Pakar SEO Jakarta ini merupakan sosok yang paling sering kami lihat di media sosial Facebok. Beliau sangat aktif memberikan informasi seputar SEO dan yang tentunya beliau juga membuka kelas mentoring untuk SEO. Beliau juga terkadang menjual layanan untuk Jasa Backlink PBN yang kerap digunakan untuk mengoptimasi sebuah kata kunci.

Zulfirman Tanjung

Zulfirman Tanjung atau di FB dikenal dengan nama Firmahn adalah seorang Pakar SEO asal Medan yang kita lagi bermukim di Pekanbaru. Fokus dengan bisnisnya dalam hal Jasa SEO, kini beliau dan tim SEOkage fokus terhadap klien – klien yang sudah menggunakan layanan mereka.

Beliau juga terkadang masih sering sharing ilmu seputar SEO melalui group gratisan di Facebook yaitu Dunia SEO. Banyak berkumpul para praktisi seo mulai dari pemula hingga expert. So, buat kamu yang ingin belajar hal – hal mengenai SEO bisa bergabung di group tersebut.

Didik Arwinsyah

Pakar SEO Jogja Didik Arwinsyah merupakan seorang Ahli SEO yang kami masukkan ke dalam daftar Pakar SEO Indonesia terbaik. Selain berkecimpungn di dunia bisnis yang digarap dengan SEO, beliau juga sering menjadi pembicara mengenai SEO dan Digital Marketing. Beliau juga sering sharing hal – hal berbau SEO melalui kanal Youtube nya yang sudah banyak memiliki subscribers.

Wahyu Saputro

Wahyu Saputro adalah seorang SEO Spesialist sebuah perusahaan di Jogja yang bergerak di bidang Web Development dan Plugin WordPress. Beliau termasuk salah satu SEO Expert yang diam – diam menghanyutkan. Banyak sekali ilmu undrground dari beliau yang wajib kita ambil dan terapkan.

Sutoro

Sutoro merupakan Master SEO yang berlokasi di Jogja yang dahulunya sering sekali menang dalam ajang kontes SEO. Kami masukkan ke dalam daftar Ahli SEO Terbaik Indonesia karena beliau memang layak dan mampu.

Saat ini, mungkin tidak banyak mengenal beliau dan apakah masih aktif dalam dunia SEO? Sebanarnya masih, karena beliau masih memiliki blog – blog yang teroptimasi yang mendapatkan traffic yang cukup besar.

Taufant Art

Taufan Art adalah master SEO yang jarang dikenal. Karena beliau sudah lama tidak memperlihatkan kegiatan beliau seputaran SEO. Tetapi, beliau kerap kali sharing informasi yang berkaitan dengan update Google melalui timeline facebooknya. Beliau juga merupakan sebuah SEO Spesialist untuk sebuah perusahaan luar negeri di bidang game online.

Adrian

Pakar SEO Pangandaran Masbro Adrian izin untuk saya masukkan ke daftar list Master SEO Indonesia terbaik ini. Karena memang beliau pantas untuk dimasukkan. Beliau fokus terhadap bisnis wisata dan krim kecantikannya. Beliau juga memiliki sebuah layanan jasa seo dan jasa backlink melalui halaman https://www.sponduu.com.

Muchamad Nasir Malik

Pakar SEO Jakarta, mas Muchamad Nasir Malik Ibrahim merupakan salah seorang SEO Expert dan punggawa di https://seomedia.co.id yang merupakan penyedia jasa seo jakarta terbaik. Kami masukkan ke dalam daftar ini karena beliau sendiri memang pantas dan layak untuk masuk ke dalam list berikut.

Di atas adalah Nama Pakar SEO Indonesia beserta beberapa gambar dan penjelas biodata mereka.

Kenapa nama saya tidak ada di daftar nama pakar SEO Indonesia ya dikernakan saya bukan lah ahli SEO Indonesia maka dari itu nama saya tidak ada di dalam katagori daftar nama pakar SEO Indonesia.

Maka Dari itu saya tidak tercantum di daftar nama pakar SEO Indonesia saya sendiri juga tidak begitu Paham dengan Ilmu SEO dan saya hanya belajar untuk lebih baik tentang SEO.

Sebenarnya amat bnyak master SEO di Indonesia yang banyak tahu tentang ilmu SEO namun ada yang tidak ingin mereka publikasi data data diri mereka ke dunia Maya.

Jadi sampai sini dulu penjelasan tentang Beberapa Pakar SEO Indonesia jangan lupa simak juga Beberapa artikel lainnya dari blog Bang Putra Winata.

Terima Kasih.....

TerPopuler